Halloween Costume ideas 2015

Laporan Aktivitas Gunung Merapi













Assalammu'alaikum Sahabat..
Berikut kami laporkan informasi dari Pihak BPPTKG

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi

LAPORAN AKTIVITAS GUNUNG MERAPI

Tanggal 13 - 19 Januari 2017

HASIL PENGAMATAN

  • Visual
Cuaca sepanjang hari cenderung berkabut disertai mendung. Asap berwarna putih, tebal dengan tekanan gas lemah, tinggi maksimum 30 m arah timur, teramati dari Pos Pengamatan Kaliurang pada tanggal 19 Januari 2017 pukul 07:31 WIB. Saat ini kondisi morfologi G. Merapi belum menunjukkan adanya perubahan.
  • Kegempaan
Dalam minggu ini kegempaan G. Merapi tercatat 7 kali gempa guguran (RF) dan 14 kali gempa tektonik. Aktivitas kegempaan minggu ini masih berada dalam kategori normal.  
  • Deformasi
Data tiltmeter yang diperoleh dari Stasiun Selokopo Atas masih fluktuatif dalam batas toleransi alat, untuk sumbu U-S sebesar -42 µrad. Pengukuran EDM menghasilkan nilai jarak tunjam rata-rata untuk RK2 (sektor selatan) sebesar 6506,95 m. Data pemantauan baseline GPS Stasiun Selo-Pasarbubar menunjukkan jarak sebesar 4259,20 m. Deformasi G. Merapi yang dipantau secara instrumental dengan menggunakan tiltmeter, EDM dan GPS tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.      
 

  • Hujan dan Lahar
Pada minggu ini terjadi hujan di seluruh Pos Pengamatan Gunung Merapi. Intensitas curah hujan tertinggi terjadi di Pos Ngepos pada tanggal 14 Januari 2017, tercatat jumlah curah hujan 60 mm/jam selama 15 menit. Tidak dilaporkan adanya penambahan aliran di sungai-sungai yang berhulu di G. Merapi.   

KESIMPULAN DAN SARAN

  • Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengamatan visual dan instrumental maka aktivitas G. Merapi dinyatakan dalam tingkat aktivitas "NORMAL".
  • Saran 
Dengan tingkat aktivitas G. Merapi "NORMAL" kepada para pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana G. Merapi direkomendasikan sebagai berikut:   
                

  1. Kegiatan pendakian G. Merapi direkomendasikan hanya sampai di Pasarbubar, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.                      
  2. Kondisi morfologi puncak G. Merapi saat ini rawan terjadi longsor, sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan para pendaki. 
  3. Saat ini hujan masih terjadi di seputar G. Merapi, untuk itu masyarakat perlu menjaga kewaspadaan terhadap ancaman bahaya lahar.
  4. Jika terjadi perubahan aktivitas G. Merapi yang signifikan maka tingkat aktivitas G. Merapi akan segera ditinjau kembali.                

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.  
                
Yogyakarta, 20 Januari 2017
a.n. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi,
Kepala BPPTKG      
                           

I Gusti Made Agung Nandaka                             
NIP. 19641227 199303 1 005

Info terkini aktivitas Merapi:
Twitter @bpptkg
FB Info BPPTKG
Frekuensi 165075 MHz
Telepon 0274 - 514180

#CordobaRendoor #CordobaRentalOutdoor
19.47

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget